Kamis, 05 Agustus 2010

Kebodohan Anak Baru Depok

Kosan gue, namanya Puri Bahtera. Baru dikasih nama karena masih kosan baru. Hari pertama gue ke Depok untuk ngekos di Kutek, sekitar jam 8 pagi hari Sabtu tanggal 31 Juli 2010, kosan gue masih kosong. Pager digembok. Oke, gue memutuskan ke kosan Mira dan melakukan perjalanan bareng anak-anak TL (baca Anak Depok Baru Part 1).

Malam itu, gue nginep di Kosan Abee. Barang-barang gue juga gue titipin di situ. Gue sangat tidak niat ngekos tampaknya. Malas untuk berbenah atau beli ini itu buat ditaro di kosan. Untuk ngekos, gue cumin bawa 2 tas yang isinya: baju buat seminggu, satu cangkir, Kitab, cermin Tazmania kesayangan gue, sisir, keperluan mandi, keperluan wanita, makanan dan pelengkapnya, satu buah sendok. Ya, baru itu yang gue bawa. Bisa dibayangkan betapa kosan gue kosong tanpa pajangan apa-apa.
Sebelum berangkat ngekos, gue pamitan ke rumah nenek.

“Bu, aku pamit ya ke UI”. Gue emang manggil nenek gue dengan sebutan Ibu. Abis nenek gue masih muda. Dia nikah muda kali ya.

Nenek gue pun langsung nyipain macem-macem. Kecap, gula beserta toplesnya, biscuit ini itu, teh, permen, dan banyak lagi. Nenekku, aku ini anak kosan atau korban bencana alam, kok dikasih sembako banyak bener.

Oke, kembali ke har-hari gue di Depok. Besoknya, gue bawa satu tas gue yang ada di kosan Abee ke kosan gue. Gue menata dengan teliti (gue pikir udah teliti), barang apa yang terpenting buat gue bawa duluan ke kosan gue. Kalo bawa tas 2, gue gak kuat ngebawanya. Setelah sampe kosan gue nyadar: keperluan wanita ada di tas yang satunya lagi. Dasar gue dodol. Untuk balik ke kosan Abee, udah kemaleman dan gue juga capek bener. Alhasil, gue gak berganti keperluan wanita sampe besoknya. Sungguh, gak lagi lagi gue sebodoh itu.


Malam itu, gue mulai nginep di kosan gue sendiri. Udah ada beberapa kamar yang dihuni, jadi gue gak sendirian. Next morning, gue berangkat ke kampus dengan riang gembira. Gue nyelonong pergi ke kampus. Setelah sampe di Balairung UI, berjam-jam kemudian, gue ngerasa ada yang gak beres. Apa ya, apa? Apa yang gue lupakan? GUBRAKKK. Gue dodol. Gue lupa kalo gue ngekos. Gue inget sesuatu yang gue lupain: GUE BERANGKAT DARI KOSAN NYELONONG AJA, KUNCI KAMAR MASIH GUE TARO DI LACI DAN DOMPET GUE KETINGGALAN. Ya Tuhan, hambamu ini kenapa.

Gue gak tenang. Gimana kalo ada yang ngobrak-ngabrik kamar gue? Gimana kalo dompet gue isinya ilang? Gimanaaa? Gimana kalo ini? Gimana kalo itu? Tapi, kekhawatiran gue gak lama kemudian hilang. Alasannya: di kamar gue kagak ada apa-apaan. Gak ada maling yang napsu ngerampok kamar mahasiswi gak modal kayak gue. Terus, kalopun dompet gue dibuka-buka, gaka aka nada maling yang mau nyolong isinya. Cuma duit beberapa lembar untuk gue hidup di UI. Gaka akan berharga untuk dijadikan barang rampokan, adanya juga malingnya gak tega, “kasihan anak ini, kuliah di UI Cuma bawa duit segini”. Lalu, KTM gue? Oh mau ngapain juga maling ngambil KTM. Gak akan guna. Kartu ATM? Tenang aja, gue kagak punya, apalagi kartu kredit. Seharian itu pun gue ngutang sana sini.

Gue jadi inget pas daftar ulang UI tanggal 16 Juni 2010. Gue ngilangin KTM di Balairung. Ceritanya, gue udah ngurus pendaftaran ulang, lalu ngambil KTM. Uoh, KTM udah di tangan. The next was Jaket Kuning yang gue impikan. Gue teragum-kagum karena Jakun udah di tangan gue.

Semuanya gue sangka baik-baik aja. Setalh agak lama, di tengah antrian tes kesehatan, gue nyadar: KTM gue mana ya? Gue menggeledah tas gue, ngeluarin semua isinya ampe bener-bener gak bersisa, tapi KTM gue gak ada. KTM gue ilang. TIDAK. Gue yakin KTM gue jatuh pas gue ngambil Jakun.

Gue ke bagian rektorat,
“Pak, maapin saya ya Pak. Kayaknya KTM saya ilang nih.”

“Wah, coba minta lagi aja di situ”, sambil nunjukin stand KTM.

Terus ada tante-tante yang juga orang rektorat.

“Bu, maaf Bu KTM saya jatoh. Sumpah Bu saya gak sengaja Bu, sumpah Bu, sumpah”, gue lebai sekali.

“Yauda Mbak gausah sumpah sumapah gitu, coba tenang, tanya di tempat ilangnya”. ah Tante, aku cuma sok sok panik.

“Udah Bu, udah aku cari di sana, kata Bapak-bapak di sana gak ada KTM jatoh”, gue nanya berkali-kali ke stand Jakun apakah ada KTM jatoh.

“Biasanya sih didenda seratus ribu kalo bikin lagi.”

“Mahal ya Bu.”

“Ya, namanya konsekuensi, coba tanya bagian informasi dulu sana”, kata Tante itu dengan cukup ramah.

Gue malu sekali, belom ada lima menit megang KTM, udah ngilangin. Sungguh, anak UI yang tidak tau diri.

Di tangga, gue curcol ama senior, "Kak, liat KTM jatoh?"

"enggak, kenapa?"

"KTM gue ilang ni"

"wah kayak gue dulu tu". Yah dia malah balik curhat.

Gue ke bagian informasi dengan buru-buru karena udah hampir dapet giliran tes kesehatan.

“Pak, minta tolong dong. KTM saya ilang”, gue ngerasa tampak bodoh.

“Namanya siapa?”

“Ananda Putri, Pak”

Berita kehilangan KTM pun langsung disiarkan ke selurih Balairung, “berita kehilangan, telah hilang Katru Tanda Mahasiswa atas nama Ananda Putri! Bagi yang menemukan harap menuju bagian informasi.”

Sms di hape gue pun berderet, isinya celaan teman-teman gue karena gue ngilangin KTM. Gak nyampe dua menit: “Berita kehilangan, telah ditemukan Kartu Tanda Mahasiswa atas nama Ananda Putri Permatasari.” Jeger, kali ini nama gue disebutkan lengkap sekali. Gue tambah malu.

Gue langsung ngibrit lagi ke meja informasi,

“Pak, mana Pak KTM saya. Udah ketemu kan Pak?”

“Namanya siapa?”

“Mukanya mirip kan ni Pak sama di KTM.”

“Namanya siapa dulu”, bapak itu cengar cengir seakan bilang: “dodol ni anak”

“Oke, Ananda Putri Permatasari, Pak!”

"Ni," sambil ngasih KTM-nya ke gue.

"Wah, siapa Pak yang nemuin?"

"Ada deh", dia sok rahasia.

"Ah siapa Pak? bilangin ya Pak ke dia, pokoknya saya doain masuk surga", gue jadi ngaco.

Akhirnya, KTM gue kembali dengan bekas injekan kaki orang-orang. Semoga, kebodohan gue di Depok sudah cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar