Selasa, 17 Agustus 2010

Catatan Seorang Maba


Sebenernya gue males disebut maba (mahasiswa baru). Tadinya sih gak ada yang aneh dengan kata ‘maba’, tapi setelah jadi maba beneran, kata tersebut terdengar diskriminatif di telinga gue. Pernah, sekitar dua minggu lalu gue ngalamin tragedi kecil sebagai seorang maba.


Gue janjian sama seorang senior di kantek (kantin teknik)malem-malem. Dia anak FISIP, bukan Teknik. Wow, di kantek cowok semua isinya. Gue sendirian, celingak celinguk, ketauan banget ya kalo gue anak baru. Untung gak lama kemudian, senior yang gue cari nongol.


Di kantek, gue ketemu sama tetanga gue. Mereka kakak adek. Kedodolan gue sebagai maba mulai gue ketahui setelah urusan gue dengan si senior selesai dan gue ke hate teknik buat nunggu bis kuning, ceritanya gue mau pulang ke rumah.


Gue ketemu sama tetangga gue lagi.

“Put!”, Mas Uut menyapa gue. Ternyata dia juga mau nunggu bikun.

“Eh mas!”

“mau balik Put?”

“iya mas.”

“put, lu ati-ati kalo ke kantek. Maba belom boleh ke situ.”

Jegerrr. MABA BELOM BOLEH KE SITU. Ya, gue gak bisa lupa sama kata-kata itu. Gue langsung mengerti: senioritas

“hah? Iya mas? Wah gue udah dua kali ke sana.”

“iya jangan, apalagi kalo bergerombol.”

“HAH? Pertama kali gue ke sana, gue bergerombol mas. Untung pas hari minggu jadi sepi.”

“wuah, ati-ati deh put. Takutnya dikerjain sama senior. Watak orang kan beda-beda.”

Gue nurut. Sampe sekarang gue belom ke kantek lagi, padahal gue sering ke FT dan kelaparan di sana. T.T


Abis itu gue ngobrol macem macem, terus mas Sandi, kakaknya mas Uut lewat haltek dan dia mau pulang juga. Yasudah, gue tidak jadi naik bikun dan pulang ke Jatiasih bareng dia. Nah di mobil ini gue bertambah shock. Gue duduk di bangku depan, yang nyetir mas Sandi, di belakang ada mas Uut (haduh aneh juga ya di kampus gue manggilnya mas) and the gank. Begitu mereka naek.


“weh maba Bud, maba ni mau diapain”, kata seorang senior ke mas sandi. Di kampus, dia dipanggil Budia.

“culik Bud, culik! Hoahaha.” Yang laen nyamber.


Gila. Gue gak ditanyain namanya, jurusan apa, siapanya Budia, malah ditereakkin “culik, Bud!”. Untungnya, mereka gak bareng sampe Jatiasih, cuman ampe Kober doang (daerah deket pintu UI pokoknya). Pas mereka turun, masih aja gue ditereakkin “Maba ni Bud, culik culik Bud, culiiik!!”


Well, dunia baru yang unik: FTUI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar