Selasa, 31 Januari 2012

Anies Baswedan: Indonesia Krisis Integritas!

JAKARTA, CatatanAnanda– Hehehe. Halo semuanya. Berbaca lagi dengan saya di malam yang indah ini, ataupun pagi yang sejuk, maupun siang yang hangat ini, tergantung pada teman-teman membacanya kapan :D
So, akhir pekan lalu gue mendapatkan persetujuan baru. Bukan, bukan gue minta ijin untuk disetujui berpacaran dengan perempuan, bukan. Tapi ‘persetujuan’, seperti sepaham, sepemikiran. Dengan siapa? Dengan Anies Baswedan, Rektor Universitas Paramadina yang merupakan intelektual kece Indonesia yang dimiliki bangsa sekarang ini.
Nah, akhir pekan lalu gue mengikuti seminar dan keberulan Pak Anies sebagai Key Note Speaker-nya. Dari semua pernyataan beliau di sana, yang paling gue inget adalah bahwa Indonesia, negeri tercinta kita kekurangan integritas dalam diri rakyatnya. Nah ini yang gue bilang persetujuan, persetujuan gagasan gue dengan ujaran Pak Anies hehehe. 

Bagi yang belum tau apa itu integritas –ngaku aja deh kalo belom tau, integritas itu simpelnya berpendirian, kembali pada apa yang sudah disepakati, jujur, lurus.
Pak Anies berujar di depan ratusan pemuda Indonesia, “Indonesia krisis integritas. Integritas harus dimasukkan ke dalam sistem.”
Sistem apa? Sistem apapun di negeri ini.
Beliau mencontohkan integritas yang pernah ada dalam sejarah bangsa ini adalah ketika masanya Bung Hatta, yang dikenal pula sebagai Man of Integrity. Diceritakan bahwa Bung Hatta adalah sosok yang didengar di setiap tuturnya oleh rakyat. “Karena apa? Karena integritasnyalah dia didengar.”
Nah, benar sekali bukan yang diceritakan oleh Pak Anies? Bila dipiir-pikir, dalam diri kebanyakan manusia di negara ini belum teguh, belum jujur dalam berniat dan berlaku. SEDIKIT-SEDIKIT BERUBAH, MELANGGAR  KESEPAKATAN. Lantas tidak guna lah semua aturan yang telah sah, semua hitam di atas putih hanya formalitas. Ck ck ck.
Nah, Pak Anies dalam sambutannya menyampaikan pada pemuda untuk tidak mengeluh dan menghujat terus menerus, tapi lakukanlah sesuatu! Pemuda Indonesia cepat memperoleh ide itu adalah sebuah keharusan. Kenyataannya, ide sudah banyak, tinggal aplikasikan dengan integritas yang baik kawan!
Ah, mungkin nggak sih Indonesia berubah jadi negara yang keren? Eits, ini ada wejangan lagi dari Pak Anies, “Jangan berpikir di republik ini terlalu banyak masalah dan masalah, tapi di republik ini masih BEGITU BANYAK SOLUSI DAN SOLUSI!”
So, masih adakah alasan untuk ragu? TENTU TIDAK :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar