Rabu, 21 Juli 2010

The Way Seniors 'Educate'

barusan gue ngebaca tentang ospek di kampus gue sendiri. ospek yang katanya sih pembinaan dan pembekalan buat jadi pemuda Indonesia yang baik, peduli sekitar, bla bla bla. ospek yang gue maksud tuh yang mengandung perpeloncoan, seperti yang gue baca tadi.

gue langsuh mengaduh dalam hati. mau muntah ngebacanya. gilak ye, gak jaman ah ospek macem gitu. gue kira di kampus gue tercinta gaya ngospeknya elegan nian. maap maap aja ni ya buat yang menentang abis pendapat gue.

gue gak pernah berubah biarpun diomelin, disuruh disiplin, sigap, ditereak-tereakin, disuruh guling-guling, disuruh ini itu ama senior. gak pernah ngubah gue jadi orang yang lebih oke tuh. dulu pas jaman paskib, gue mengalami itu semua. tiap acara makan, hampir setiap kali gue makan harus dibantu amatemen gue. yah gila aja suruh ngabisin nasi sebakul gitu dalam 5 menit, mending kalo enak. tiap baris, gue pusing kena matahari. ya, gue vampir makanya gak boleh kena sinar. boong ding. tiap senior ngomel, gue dengerin dan gue makin enek karena kebanyakan dari yang mereka omongin bullshit, gue gak yakin kalo mereka sendiri uda sebaik itu. hanya beberapa orang yang idealis dan gue hormati (iya gue emang songong, mau apa lo?). tiap mandi, cuman dikasih waktu 5 menit atau 3 menit gitu deh. gilak ye, gak guna amat. beneran, gue gak abis pikir gunanya itu semua apa. buat ngelatih disiplin? buat ngelatih kesigapan? belajar ngehargain waktu? halah yang ada juga nyape-nyapein. seru-seruan aja sih ngikutin itu semua, tapi bete juga kalo udah disuruh buru-buru dan gak boleh tidur. gak meaning abis dah.

heloo jaman udah beda ya. lagian kita kan bukan orang tertinggal yang gak bisa diberi ilmu secara baik-baik dan dikasih inspirasi. ketika paskib punya kegiatan keorganisasian, ini justru asik. ya ada pait paitnya juga sih namanya juga kerjasama. asiknya tu yaaa gimana ya. gue ngerasa aja kalo banyak hal berguna yang gue dapetin dari semua proses itu. ini character buliding yang sesungguhnya. pelajaran yang paling gue inget dari semua itu: sabar dan jangan marah dengan merusak hubungan baik. heheheh lebai ya gue ini :P

oke, balik ke ospek. ospek juga gitu kan? okk (ospek tingkat universitas di UI) misalnya, gue suka banget tu. cerdas tu ospek. kita ditugasin buat bikin rancangan proyek. wuidih, ini ni yang asik. kalo proyeknya kepilih, entar direalisasiin proyeknya. kan keren. ya ngerti lah ya kerennya gimana.

well, gue harap ospek yang ada unsur marah-marah secara disengajanya segera ditentang oleh petinggi universitas ya.

gue sendiri, selama di paskib kagak pernah ngomelin junior.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar